cover
Contact Name
Mustamin
Contact Email
japend@uho.ac.id
Phone
+6285341614860
Journal Mail Official
japend@uho.ac.id
Editorial Address
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Amal Pendidikan
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 27213668     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/japend
Core Subject : Education,
Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Keteknikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bimbingan Konseling, Pengembangan Kurikulum.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022" : 9 Documents clear
Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan, Fungsi dan Limit pada Mata Kuliah Kalkulus Isnaini Mahuda
Jurnal Amal Pendidikan Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v3i1.24488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pertidaksamaan, fungsi dan limit fungsi yang merupakan materi awal pada mata kuliah Kalkulus I. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian mahasiswa semester I tahun akademik 2021/2022 Program Studi Statistika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Bina Bangsa yang berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya yaitu 1) mengumpulkan dan memformulasikan data-data yang diperoleh dari subyek penelitian; 2) menganalisis letak dan jenis kesulitan yang dihadapi mahasiswa pada soal yang berikan; 3) penarikan kesimpulan dari hasil analisis data-data yang diperoleh. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pertidaksamaan, fungsi dan limit fungsi  terjadi karena : 1) mahasiswa tidak hafal mengenai sifat-sifat pertidaksamaan; 2) mahasiswa lupa mengenai aturan-aturan nilai mutlak; 3) mahasiswa kurang terampil dalam melakukan operasi hitung dasar; 4) mahasiswa lupa mengenai konsep domain natural dari suatu fungsi sederhana; 5) mahasiswa kurang paham konsep limit bentu tak tentu; 6) mahasiswa tidak terampil dalam melakukan operasi hitung pecahan; 7) mahasiswa tidak terampil dalam proses pemfaktoran polynomial; 8) mahasiswa kurang cermat/ teliti dalam menjawab soal.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis pada Materi SPLDV Berdasarkan Newman’s Error Analysis Yosua Pandiangan; Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa; Novaliyosi Novaliyosi
Jurnal Amal Pendidikan Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v3i1.24004

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 7 Kota serang yang terdiri dari 28 siswa pada materi SPLDV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui letak kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam  menyelesaikan soal SPLDV dengan menggunakan indikator Newman. Adapun data yang diperoleh yaitu berdasarkan hasil jawaban tertulis siswa. jawaban siswa kemudian diidentifikasi ke dalam letak kesalahan, setelah itu dipilih 6 orang siswa sebagai responden untuk diwawancarai agar mengetehaui penyebab dari kesalahan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa tidak ada satupun siswa yang tidak melakukan kesalahan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu pertama kesalahan pada tahap comprehension (memahami soal) sebanyak 32,77%, pada tahap ini kesalahan yang muncul adalah kesalahan menuliskan apa yang diketahui dan/atau ditanyakan, kedua kesalahan pada tahap transformation (transformasi soal atau membuat model) sebanyak 31,64%, pada tahap ini kesalahan yang muncul adalah kesalahan dala membuat pemisalan dan/atau membuat model matematika, ketiga kesalahan pada tahap process skill (keterampilan proses) sebesar 15,54%, pada tahap ini kesalahan yang muncul adalah salah dalam menyelesaikan model matematika dan terakhir kesalahan pada tahap encoding (menuliskan hasil akhir) sebesar 20,06%.
Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Via Google Meet Dimasa Pandemi Covid-19 Dwi Andriani; Nia Kurniati; Eka Agustina; Deo Pratama
Jurnal Amal Pendidikan Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v3i1.23620

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran daring prodi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Nurul huda selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Melalui simplerandom sampling, sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang melaksanakan proses belajar dengan sistem pembelajaran daring google meet yaitu dari semester  1 hingga 5 sebanyak 43 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara yang disebarkan menggunakan google form. Analisis data dengan analisis deskriptif melaui perhitungan kategori dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada program studi pendidikan bahasa inggris dengan X̅ = 94,5 termasuk dalam kategori cukup bagus diterapkan melalui sistem pembelajaran daring melalui google meet. Persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran daring pada prodi pendidikan bahasa inggris selama masa pandemi Covid-19 yang terdiri dari 4 aspek dengan rincian aspek Kemampuan pendidik dalam mengelola kelas merupakan aspek tertinggi yang menjadi indikator efektivitas pembelajaran daring menggunakan google meet dengan skor 70,70% kategori tinggi, aspek sarana dan prasarana penunjang  dengan skor 65,25%  kategori tinggi, selanjutnya aspek aktivitas belajar dengan skor 63,08% kategori tinggi dan yang paling terendah adalah aspek ketuntasan belajar dengan skor 6,30% kategori tinggi.
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Endri Nuryanto; Hasnawati Hasnawati; Salim Salim
Jurnal Amal Pendidikan Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v3i1.25264

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gaya belajar siswa di SMPN 22 Konawe Selatan; (2) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa di SMPN 22 Konawe Selatan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa diambil menggunakan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis kemampuan komunikasi matematis dan angket gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif yang bermaksud menggambarkan keadaan nilai satu atau lebih variabel secara mandiri. Hasil penelitian di SMP Negeri 22 Konawe Selatan pada kelas VII :(1) Terdapat 31 siswa atau 44% siswa bergaya belajar visual, 12 siswa atau 17% siswa bergaya belajar auditori, 23 siswa atau 32% siswa bergaya belajar kinestetik, 3 siswa atau 4% siswa bergaya belajar visual-auditorial, dan 2 siswa atau 3% siswa bergaya belajar visual-kinestetik.; (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh 10 siswa atau sebesar 15% siswa berkemampuan sangat baik, 21 siswa atau sebesar 32% siswa berkemampuan baik, 28 siswa atau sebesar 42% siswa berkemampuan cukup, dan 3 siswa atau sebesar 4% siswa berkemampuan kurang.
Gambaran Penolakan Sekolah Pada Siswa Taman Kanak-Kanak Mas Ian Rif’ati; Dewi Retno Suminar
Jurnal Amal Pendidikan Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v3i1.23775

Abstract

Penolakan sekolah (school refusal) merupakan suatu kontinum tingkat keparahan penolakan bersekolah pada anak. Anak mengalami kesulitan hadir di sekolah dalam jangka waktu singkat dan tidak memerlukan intervensi khusus hingga mau kembali ke sekolah. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penolakan sekolah (school refusal) pada siswa taman kanak-kanak. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Narasumber utama yaitu orang tua siswa yang mengalami penolakan sekolah  (school refusal)  dan disertakan narasumber sekunder yang berperan sebagai informan yaitu guru kelas di TK SKJ. Penelitian ini menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakann model analisis Miles dan Hiberman. Hasil penelitian bahwa perilaku penolakan sekolah terjadi pada siswa tersebut. Penyebab terjadinya penolakan sekolah adalah ketikdakmampuan guru dalam menangani siswa yang tidak berminat dalam kegiatan ekstrakulikuler, sehingga terjadi adanya kekerasan secara psikis Akibat dari perilaku tersebut ananda merelakan tidak mengikuti kegiatan belajar disekolah dan ekstrakurikuler.
Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Novita Kumala Sari; Kodirun Kodirun; Kadir Kadir
Jurnal Amal Pendidikan Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v3i1.25270

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 8 Konawe Selatan dalam menyelesaikan masalah open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif  kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Konawe Selatan yang terdiri dari 5 kelas paralel yang berjumlah 109 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis pada indikator mengajukan dugaan tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 79,6, kemampuan penalaran matematis pada indikator melakukan manipulasi matematika tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 65,6, kemampuan penalaran matematis pada indikator menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 49, kemampuan penalaran matematis pada indikator menarik kesimpulan dari pernyataan tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 49,6, kemampuan penalaran matematis pada indikator memeriksa kesahihan suatu argumen tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 32,4, dan kemampuan penalaran matematis pada indikator menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi tergolong sangat rendah dengan rata-rata sebesar 2,6.
Hubungan Interaksi Sosial Dengan Kepercayaan Diri Anak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Lindri Kamala Sari; Sri Putri Rahayu Z
Jurnal Amal Pendidikan Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v3i1.24732

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh interaksi sosial dengan kepercayaan diri anak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Kabupaten 50 kota. Tujuan penelitian   untuk mengetahui Hubungan Interakasi Sosial Dengan Kepecayaan Diri Anak Di LKSA Kabupaten 50 Kota. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 73 orang dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dan teknik analisis data yang digunakan  yaitu uji korelasi Product Moment.  Dari penelitian yang penulis lakukan hubungan interaksi sosial dengan kepercayaan diri anak di LKSA kabupaten 50 kota diperoleh hasil perhitungan  dari rhitung  sebesar 0.633 maka Ha diterima dan Ho ditolak  artinya hubungan interaksi sosial dengan kepercayaan diri mempunyai hubungan positif sebesar 63,3% atau dapat dikatakan semakin tinggi interaksi sosial maka semakin tinggi kepercayaan diri, dan sebaliknya semakin rendah interaksi sosial maka semakin rendah kepercayaan diri anak di LKSA %) kota.
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Sri Wahyuni Ningsi; Kadir Kadir; Rahmat Rahmat
Jurnal Amal Pendidikan Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v3i1.25271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematis Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa di SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain Post-test Only Control-group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan random sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII¬-2 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pendekatan konvensional. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan literasi matematika berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial terdapat uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri 4 Kendari.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Lesson Study Dengan Strategi Pembelajaran Siklus Belajar Hipotesis Deduktif Salim Salim; Hendra Nelva Saputra
Jurnal Amal Pendidikan Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v3i1.25738

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP, (2) kevalidan perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP, dan (3) keefektifan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan melakukan pengembangan perangkat pembelajaran yang mengacu pada strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif melalui kegiatan lesson study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP berupa perangkat pembelajaran tersusun sesuai dengan tahapan lesson study, perangkat yang hierarkis, mengikuti fase belajar eksplorasi, pengenalan, dan aplikasi; (2) perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran; dan (3) pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran melalui lesson study dengan strategi pembelajaran siklus belajar hipotesis deduktif pada pembelajaran matematika SMP ditinjau dari aktivitas belajar dan ketuntasan belajar telah menyebabkan peningkatan yang signifikan pada tiap pertemuannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 9